PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP-BOOK DIGITAL PADA SUBTEMA “AKU ANAK MANDIRI” DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis Flip-Book digital, untuk megetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Flip-Book digital pada subtema “Aku Anak Mandiri” dan untuk megetahui bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Flip-Book digital. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3A di SDN Ketileng 1 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Media pembelajaran berbasis Flip-Book digital ini divalidasi oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli bahasa. Hasil penelitian dari validasi para ahli didapatkan rata-rata skor total oleh ahli media yaitu 75,95% dengan kategori “Layak”, ahli materi 84,6% dengan kategori “Sangat Layak”, dan ahli bahasa sebesar 63,75% dengan kategori “Layak”. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa memperoleh presentase rata-rata sebesar 74,76% yang masuk pada kategori “Layak”. Sedangkan rata-rata skor penilaian dari hasil angket respon siswa yaitu sebesar 86,88% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Flip-Book digital layak digunakan pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar.
Downloads
References
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalinus, N & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Oktaviara, R & Triesninda P. (2019). Pegembangan E-Modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Progperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 61-65.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Mengajar.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rufiana, I.S. (2015). Level Kognitif pada Buku Tek Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2),14-17.
Sari, E.D, dkk. (2017). Pembuatan Flipbook Keanekaragaman Hayati Sebagai Media Pembelajaran Kelas X SMA, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 28-31.
Sari, W & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunitas Pendidikan, 2(2),103-107.
Virdyna, N. K. (2019). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.