ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SD MUHMMADIYAH 03 ASSALAAM
Abstract
Pada pembelajaran abad ke-21 terdapat 4 keterampilan yang perlu dikembangkan, yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), kolaborasi (collaboration), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills) yang disebut dengan 4C. Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting untuk ditanamkan pada peserta didik sejak masih duduk dibangku sekolah dasar kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik mata pelajaran matematika kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan wawancara semiterstruktur, lembar observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas 2 memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Mayoritas peserta didik menyatakan setuju atau sangat setuju bahwa mereka merasa senang belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model project based learning dan lebih mengerti dengan materi matematika yang bersifat abstrak dikarenakan salah satu faktor yaitu dapat berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.
Ainley, M., & Hidi, S. (2014). Interest and enjoyment. In International handbook of emotions in education (pp. 215–237). Routledge.
Altintas, E. (2018). Perceptions and Opinions of Students Studying at Primary School Mathematics Teaching Department about the Concept of Mathematics. Educational Research and Reviews, 13(7), 260–269.
Anderson, D. S., & Piazza, J. A. (1996). Changing beliefs: Teaching and learning mathematics in constructivist preservice classrooms. Action in Teacher Education, 18(2), 51–62.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92.
Biesta, G. (2017). The future of teacher education: Evidence, competence or wisdom? A Companion to Research in Teacher Education, 435–453.
Caena, F., & Redecker, C. (2019). Aligning teacher competence frameworks to 21st century challenges: The case for the European Digital Competence Framework for Educators (Digcompedu). European Journal of Education, 54(3), 356–369.
Da Fonte, M. A., & Barton-Arwood, S. M. (2017). Collaboration of general and special education teachers: Perspectives and strategies. Intervention in School and Clinic, 53(2), 99–106.
Dávideková, M. (2016). Digitalization of society: Smartphone–a threat. 8th International Research Conference.
Davis, R. B. (1990). Constructivist Views on the Teaching and Learning of Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education: Monograph No. 4. ERIC.
Fennell, F., & Rowan, T. (2001). Representation: An important process for teaching and learning mathematics. Teaching Children Mathematics, 7(5), 288–292.
González-Salamanca, J. C., Agudelo, O. L., & Salinas, J. (2020). Key competences, education for sustainable development and strategies for the development of 21st century skills. A systematic literature review. Sustainability, 12(24), 10366.
Gulo, Y. S., & Sulandari, S. A. (2016). Profil minat siswa SMA Kabupaten Nias Barat terhadap pelajaran fisika. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXX HFI Jateng & DIY, Hal, 93–95.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-Ta’dib, 8(2), 50–69.
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.
Holmes, G., & Hooper, N. (2000). Core competence and education. Higher Education, 40, 247–258.
Indriyani, D., Desyandri, D., Fitria, Y., & Irdamurni, I. (2019). Perbedaan Model Children’s Laerning in Csinece (CLIS) dan Model Scinetific terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu: Research Dan Learning in Elemnetary Education, 3(2), 627–633.
Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965.
Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 900–908.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Ma, L. (2010). Knowing and teaching elementary mathematics: Teachers’ understanding of fundamental mathematics in China and the United States. Routledge New York.
Maulidi, M. S. (2023). INOVASI PENDIDIKAN DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA.
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Mulligan, J., & Mitchelmore, M. (2009). Awareness of pattern and structure in early mathematical development. Mathematics Education Research Journal, 21(2), 33–49.
Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708.
Nakada, A., Kobayashi, M., Okada, Y., Namiki, A., & Hiroi, N. (2017). Project-based learning. Journal of the Medical Society of Toho University. Https://Doi. Org/10.14994/Tohoigaku, 10.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333.
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38.
Ornstein, A. C., Levine, D. U., Gutek, G., & Vocke, D. E. (2016). Foundations of education. Cengage learning.
Piaget, J. (1970). Piaget’s theory (Vol. 1). Wiley New York.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan abad 21: Kompetensi digital pendidik masa depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., & Grace, E. (2022). IMPROVING TEACHERS’COMPETENCE THROUGH THE IMPLEMENTATION OF THE 21ST CENTURY COMPETENCIES IN A POST-COVID-19 PANDEMIC. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1486–1497.
Puspitasari, E. (2016). Pendekatan pendidikan karakter. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 3(2).
Robbins, H. (1996). What Is Mathematics?: An Elementary Approach to Ideas and Methods. Oxford University Press.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820.
Schiefele, U. (1991). Interest, learning, and motivation. Educational Psychologist, 26(3–4), 299–323.
Schunk, D. H. (1981). Modeling and attributional effects on children’s achievement: A self-efficacy analysis. Journal of Educational Psychology, 73(1), 93.
Shalehah, N. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–24.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.
Sukiawati, S., & Nurfaidah, S. (2021). Students’ attitude on the Benefits of Project-based Learning in the Multimodal Platform. AL LUGHAWIYAAT, 1(2).
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041.
Sundahry, S., Fitria, Y., & Rakimahwati, R. (2018). The effect reciprocal teaching strategy of critical thinking skills in learning tematic class V.
Suyitno, A. (2020). Growth of student mathematical creativity as part of 4C competence for entering the 21st century. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 22100.
Udjaja, Y., Guizot, V. S., & Chandra, N. (2018). Gamification for elementary mathematics learning in Indonesia. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 8(6).
Wade, S. E. (2001). Research on importance and interest: Implications for curriculum development and future research. Educational Psychology Review, 13, 243–261.
Weinan, E. (2021). The dawning of a new era in applied mathematics. Notices of the American Mathematical Society, 68(4), 565–571.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.