PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 274 MATTIROWALIE

  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makasar
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Makassar
  • Latri Aras Universitas Negeri Makassar
Keywords: Learning Model, Word Square, Motivation, Science

Abstract

This research is a classroom action research that aims to increase student motivation in science subjects of grade V students of SD Negeri 274 Mattirowalie through the application of the Word Square learning model. The subjects of this study were 19 grade V students. The research design used is cyclical or recycled research with four stages, namely, planning, implementing actions, observation and reflection. The data collection techniques used are observation, questionnaires and documentation. The data analysis techniques used are descriptive, qualitative and quantitative. The results showed that there was an increase in students' motivation to learn science from 57.89% in the cycle  to 84.21% in second cycle. The conclusion of this study is that the application  of the Word Square  learning model can increase the motivation to learn science of grade V students of SD Negeri 274 Mattirowalie.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. G. A. D., Margunayasa, I., & Kusmariatni, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 79-88.

Amran, M., Trophy, A. E., & Kadir, A. (2022). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 12/79 Polewali. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 276–293.

Amran, M., Nurfatima., & Jafar, M.I. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 22 Jeppe'e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1053-1062.

Anisa. (2019). Efektivitas model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Syekh Magelung Sakti Karangkendal Cirebon. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul & Dimara, M.D. (2018). Motivasi belajar siswa melalui model Word Square pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(6), 24–29.

Ayuningtias, N. M. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 9(1): 72–8 1.

Barimbing, R. (2018). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 113–119.

Chairunnisa. (2022). Model-Model Pembelajaran. Banteng: Sada Kurnia Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jessy, Y. (2013). Penerapan strategi pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV materi energi panas dan energi bunyi sekolah dasar Negeri 024 tarai bangun. Skripsi. UIN Sulta Syarif Kasim Riau.

Mardiana, M. (2021). Penerapan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema makanan sehat di kelas V B SD Negeri 121/IX Jerambah Bolong. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 108-112.

Neli, Zulaiha, F. Yati., & Adiman. (2020). Pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan benda dan perubahan benda pada siswa kelas V SD Negeri I Palir Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(2), 48–53.

Nurwahidah. (2021). Meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Permendikbudristek Nomor 7 Tahun (2022). Pasal 2 (4) tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rineka Posda Karya.

Puspa, Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran Word Square dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 32 Seluma. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Tadris. IAIN Bengkulu.

Saputro, B. C. (2017). Meningkatkan hasil belajar sifat-sifat cahaya dengan metode Inquiri pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumogawa 04. JMP Online, 1(9), 925–937.

Setiawan, M. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Silviah, J., Wardani, K.S.T., & Husniati. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Words Square terhadap motivasi belajar IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 682–689.

Sudirman, & Haling, A. (2019). Mechanisms, problems, and strategies of teachers in implementing curriculum reform: a case study of Indonesian at elementary schools. 5–9.

Umar, A., & Kaco, N. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Published
2023-09-04
How to Cite
Amran, M., Sudirman, S., & Aras, L. (2023, September 4). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 274 MATTIROWALIE. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 252-259. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.359
Section
Articles
Abstract viewed = 268 times
PDF downloaded = 219 times