PENINGKATAN MOTIVASI ANAK DALAM BERKREASI MELALUI PAMERAN POSTER DIGITAL

  • Farah Nur Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok'atun Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Motivation, Creativity, Digital Poster Exhibition.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pameran poster digital dapat meningkatkan motivasi anak berkreasi melalui proses pembuatan poster dan kualitas poster hasil karya anak pada pameran digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas 5 SD Negeri Mega Eltra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket respon siswa, penilaian poster digital, dan wawancara. Tahapan pelaksanaannya meliputi penjelasan penggunaan Canva dan poster, penentuan tema poster, praktik pembuatan poster, penilaian poster digital, dan pelaksanaan pameran digital. Kualitas poster karya anak-anak pada pameran digital secara umum baik. Poster-poster ini memiliki desain yang menarik, isi yang informatif, dan pesan yang tersampaikan dengan baik. Respon positif siswa terlihat dari hasil angket mengenai pameran poster digital. Siswa menganggap pameran poster digital menarik, menyenangkan, dan dapat membantu mereka belajar. Siswa saat diwawancara mengatakan bahwa mereka merasa lebih percaya diri, bangga dengan karya mereka, dan termotivasi untuk terus berkreasi setelah mengikuti pameran poster digital. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pameran poster digital dapat meningkatkan motivasi anak untuk berkreasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Prana Dwija Iswara, Universitas Pendidikan Indonesia
 

References

Adi, Marsudi Suwarna. 2020. Membuat Desain Cantik dengan Mudah dan Cepat Menggunakan Canva. Jakarta.
Alyusfitri, R. (2020). Perananan Motivasi dan Kreatifitas Siswa SD Dalam Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 77–85. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.61
Efwinda, S., Damayanti, P., Mutmainah, O., Malisan, R., & Anggraeni, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 756–768. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/4250
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Erikasari. (2019). Peranan motivasi, kreativitas dalam proses belajar dan pembelajaran. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 131-144.
Hidayah, A. M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran SBDP di Kelas V SDN 01 Babalanlor Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Skripsi, Jurusan S-1 Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pekalongan.
Isrokatun, I., Meisa Rahayu, & Wita Puspita Dewi. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 6(1):834–51. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1987.
Meisarah, Epita, J. Julia, & Prana Dwija Iswara. 2022. “Persepsi Orang Tua Dan Guru Dalam Penggunaan Kalimat Persuasif Pada Siswa SD.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(2):299. doi: 10.30998/sap.v7i2.13335.
Melati, Eka, Ayyesha Dara Fayola, I. Putu Agus Dharma Hita, Andi Muh Akbar Saputra, Zamzami Zamzami, & Anita Ninasari. 2023. “Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Journal on Education 6(1):732–41. doi: 10.31004/joe.v6i1.2988.
Mulyana, Salsabila Delaria, & Nur Syamsiyah. 2021. “Keunggulan Canva Sebagai Media Pembelajaran Poster Siswa Kelas VIII SMPN 18 Depok Tahun Pelajaran 2021/2022.” Prosiding Samasta 774–82.
Qiyami, Kamela Ezam, & Wati Nilamsari. 2021. “Pengembangan Kreativitas Dan Produktivitas Siswa-Siswi Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat Melalui Program Media Creative Class.” Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):39–49. doi: 10.35912/yumary.v2i1.390.
Saputra, Dendi Wijaya, & Muhamad Sofian Hadi. 2022. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.” Jurnal Holistika 6(1):28. doi: 10.24853/holistika.6.1.28-33.
Mardi, M. (2021). Pameran Seni Siswa Di Era Modern Sebagai Upaya Menggali Potensi Kreasi Bangsa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 543–548. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.118
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta. (Agustus, 2022). Kreativitas dan Ide Siswa Perlu Dipupuk. https://dindikpora.jogjakota.go.id/detail/index/23052 Diakses pada 20 Januari 2024.
Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. (2022, Oktober 12). Pameran Digital SD (Poster Murid SD). https://alazharsyifabudi-cibubur.sch.id/ Diakses pada 19 Januari 2024.
Published
2024-02-02
How to Cite
Fadhilah, F., Isrok’atun, I., & Iswara, P. (2024, February 2). PENINGKATAN MOTIVASI ANAK DALAM BERKREASI MELALUI PAMERAN POSTER DIGITAL. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 104-118. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.486
Section
Articles
Abstract viewed = 450 times
PDF downloaded = 298 times