KARYA SENI RUPA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD 3 JEPANG PAKIS

  • Liza Fatika Sari Universitas Muria Kudus
  • Ratih Tri Khaiswarya Universitas Muria Kudus
  • Wasis Wijayanto Universitas Muria Kudus
Keywords: Seni Rupa, Menggambar, Mewarnai, Kreativitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kondisi awal kreativitas siswa, proses pemaduan warna siswa, hasil peningkatan kreativitas, dan kendala yang dihadapi serta solusi yang diterapkan untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran seni rupa  di kelas III SD 3 Jepang Pakis. Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif dengan mengumpulkan  data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan  ini  bertujuan untuk melihat sejauh apa kreativitas siswa melalui kegiatan menggambar dan melukis. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu penerapan strategi pembelajaran yang interaktif, variasi material, dan penguatan motivasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini mengenai peningkatan kreativitas melalui kegiatan menggambar dan melukis  membuat siswa  lebih  tertarik mempelajari karya seni. Kegiatan menggambar ini memungkinkan siswa mengekspresikan pikiran dan imajinasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode
Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05
Anik Pamilu. (2017). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
Anggrahini, L., & Zabda, H. S. S. (2014). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Seni Rupa dengan Kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Kelompok A Taman-Kanak Kartika III-16 Glodogan Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Apriyani, C. K. F., Julia, J., & Syahid, A. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kreativitas Menggambar Ilustrasi Pada Pembelajaran Seni Rupa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 561-570.
Asrofi, I. (2020). Implementasi Teknik Menggambar Arsir Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa-siswi SDN Kutuwetan Jetis
Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
BARUS, M. B. R., & others. (2024). PENGARUH MEDIA KOLASE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI CUACA KELAS III SD NEGERI 105308 PANCUR BATU TP 2023/2024. UNIVERSITAS QUALITY.
Hisda, W. T., Yusnan, M., Firasti, F., & Purwaningsih, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-8.
Husen, W. R. (2017). Pengembangan apresiasi seni rupa siswa Sekolah Dasar melalui pendekatan Kritik Seni Pedagogik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 53-61.
Kunia, Ratna Mega., Elan & Rosarina Giyartini. (2018). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran SBdP. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 4, 2019
Kutsiyah, Maisaratul., & Suprayitno. (2014). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Dekoratif Pada Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol 02, No. 02, Tahun 2014
Lubis, N. A. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif Nurasiyah Anas Lubis Sekolah Tinggi Agama
Islam Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 15–25.
Meylinie, N., Astuti, I., & Marmawi, M. (2017). Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(11), 1–8.
Mujiyono, M., Haryanto, E., & Gunadi, G. (2021). Peran Guru dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi pada
Pembelajaran Seni Rupa di SD Kota Semarang. Mudra Jurnal Seni
Budaya, 36(2), 146-152.
Musa, M. M., & Kamal, R. (2022). Ekstrakulikuler Art Painting dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 118-131.
Nawarda, F., Kardiman, K., Isnawati, I., & Ainun, L. A. (2022). Evaluasi Implementasi Program Ekstrakurikuler Mewarnai Gambar Kelas 1-3 Sds Pah Tsung. Jurnal Education and Development, 10(3), 331-335.
Nurita., & Misnah. (2019) Meningkatkan Kreativitas Menggambar Dengan Menggunakan Metode Karya Wisata di SD Negeri 2 Hu’u Tahun Pembelajaran 2019/2020. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) Vol.2, No.2, 2019
Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita di SD 226 Palembang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188-194.
Pangastuti, Ratna., & Qumillaila. (2017). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Bani Toifur Kabupaten Nganjuk. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3, No. 02, 2017.
Puspitasari, A., & Puspita, A. R. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6–9 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai di Desa Carangrejo. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 248-263.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rahmawati, N., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Rupa melalui Media dari Barang Bekas.MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Rofian, R. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan
Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan
Dasar), 6(2).
Rupa, J. S. (2014). Penerapan media dalam bentuk pop up book pada pembelajaran unsur-unsur rupa untuk siswa kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Septaria, L., & Wulandari, R. (2023). Penerapan Metode Ekspresi Bebas Untuk
Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Kelompok Bermain Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 171-175.
Sumanto. (2015). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Tahel, F., Ginting, E., Sistem, J., Fakultas, I., Universitas, T., Utama, P., Pembelajaran, M., & Halus, M. (2018). Penerapan Aplikasi Flash Dalam Media Pembelajaran. 2(1), 34–43.
Ukar, D. S., Taib, B., & Alhadad, B. (2021). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 117-124.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Published
2025-02-04
How to Cite
Sari, L., Khaiswarya, R., & Wijayanto, W. (2025, February 4). KARYA SENI RUPA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD 3 JEPANG PAKIS. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 54-62. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v9i1.598
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 1 times