STRATEGI JANGKA PANJANG PERAN GURU DAN ORANG TUA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR

  • Muhamad Sudharsono Universitas Pelita Bangsa
  • Tazkia Aisha Laelly Universitas Pelita Bangsa
  • Utari Febriyanti Universitas Pelita Bangsa
  • Noviyanti Noviyanti Universitas Pelita Bangsa
  • Firda Apriliani Universitas Pelita Bangsa
  • Ikhsan Fauzi Cahyo Pratomo Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Strategi Mencegah Perundungan, Kolaborasi Peran Guru dan Orang Tua, Pendidikan Karakter

Abstract

Perundungan di sekolah dasar adalah masalah yang mengkhawatirkan, dengan dampak negatif pada perkembangan sosial, emosional, dan akademik siswa. Strategi pencegahan jangka panjang sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan aman dan mendukung perkembangan karakter positif siswa. Penelitian ini menyelidiki peran strategis guru dan orang tua dalam menciptakan pendidikan karakter untuk mencegah perundungan. Pendidikan karakter membantu orang belajar hal-hal seperti empati, hormat, dan tanggung jawab. Guru berperan sebagai fasilitator yang menanamkan nilai-nilai tersebut melalui pembelajaran, sementara orang tua memperkuatnya di rumah. Sekolah dan keluarga harus bekerja sama untuk membuat sinergi yang memperkuat nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran strategis guru dan orang tua dalam membangun pendidikan karakter sebagai upaya jangka panjang untuk menghentikan perundungan di sekolah dasar. Dalam pembuatan jurnal ini, peneliti menggunakan studi literatur atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang berkelanjutan antara guru dan orang tua efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan menurunkan risiko perundungan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N., Muslimin, A. A., & Sida, S. C. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318-1333.
Damanik, R. (2019). Hubungan kompetensi guru dengan kinerja guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Fatimatuzzahra, F., Samiha, Y. T., Purnamah, L., Wulandari, R., Sari, E. K., & Putri, S. (2023). PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARATER DI SEKOLAH DASAR. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 77-88.
Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas peran orang tua dan guru dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1-12.
Grant, R. M. (2002). Contemporary strategy analysis (Vol. 4). Oxford: Blackwell.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Harris, S., & Petrie, G. F. (2003). Bullying: The bullies, the victims, the bystanders. Scarecrow Press.
Hermi, M., & Ramadan, Z. H. (2024). Dampak Maraknya Aksi Verbal Bullying Terhadap Self-Esteem Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3).
Hijrilliawanni, D. R., Khoirina, H. P., Kuncoro, S. Z., Nihmah, S. Z., Ismaya, E. A., & Fakhriyah, F. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review: The Effectiveness of Cooperative Learning on Elementary Students' Mathematical Solving Ability: Literature Review Study Method. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 12-19.
Hukubun, M. D., Wakhudin, W., & Kasimbara, R. P. (2024). Character Education in the Digital Age: Strategies for Teaching Moral and Ethical Values to a Generation that Grows Up with Technology. Journal of Pedagogi, 1(3), 74-82.
Isroani, F., & Huda, M. (2022). Strengthening Character Education Through Holistic Learning Values. Quality, 10(2), 289-306.
Jaya, I. K. A. (2021). Merekonstruksi Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Disekolah. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(02), 103-116.
Karma, I. N. K., Widiada, I. K., & Affandi, L. H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis Tpack Pada Guru Sdn Mitra Kota Mataram. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(2), 95-104.
Kartono, Kartini. 1982. Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
Mufida, S. (2024). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Mufida, S. (2024). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Muhibbah, U., & Kurniawan, M. I. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(3), 974-985.
Mulati, Y. (2023). Peran orang tua dalam mencegah perilaku menyimpang pada anak dengan penguatan karakter dan optimalisasi potensi anak. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 15(2), 135-144.
Mulyasari, E., Ali, M., & Sukirman, D. (2021). Building Student’s Character in Primary School Through Sustainable Development Goals (SDGs) of School Program. Indonesian Scholars Scientific Summit Taiwan Proceeding, 3, 30-35.
Muttaqin, M., & Shidqi, N. A. (2022). Program Parenting Kemah (Kajian Emak-Emak Sholihah) Sebagai Bentuk Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus Sd It Bina Insani Kayuagung). TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 19-35.
Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 433-446.
Ponomarenko, T. V. (2021). The Evolution of Theoretical Thought on the Interpretation of Marketing Strategies of Enterprises. Business Inform, 9, 6-12.
Purwanggono, C. J., & ST, M. (2021). Konsep Dasar Manajemen Strategi: Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani.
Qaisra, R., & Haider, S. Z. (2024). A study of professional development and in-service teacher training programs at school level in the punjab. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 12(2), 1606-1615.
Ramandhini, R. F., Rahman, T., & Purwati, P. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 116-115.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993-1001.
Saputri, I., Rafifah, S. I., & Chanifudin, C. (2024). Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 782-790.
Setiaji, H., & Sarmawati, S. (2024). PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA:(STUDI PENELITIAN DI SMP-IT BABUNNAJAH PANDEGLANG). Ta'dibiya, 4(1), 147-164.
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044-1054.
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460-476.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285.
Published
2025-02-04
How to Cite
Sudharsono, M., Laelly, T., Febriyanti, U., Noviyanti, N., Apriliani, F., & Pratomo, I. (2025, February 4). STRATEGI JANGKA PANJANG PERAN GURU DAN ORANG TUA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 136-146. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v9i1.629
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times