PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK DARING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Berkat Perlindungan Harefa Sekolah Dian Harapan
  • Neneng Andriani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.402

Keywords:

Pembelajaran efektif, Media berbasis ICT, Pembelajaran daring

Abstract

Efektivitas sebuah pembelajaran bergantung pada guru, siswa, dan fasilitas. Hambatan yang ditemukan dalam pelajaran PJOK daring pada jenjang sekolah dasar yaitu keterbatasan fasilitas yang menyebabkan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang memadai, sehingga pembelajaran berlangsung kurang efektif. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran, yaitu media pembelajaran yang menggunakan teknologi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan penggunaan media berbasis ICT dalam mendukung efektivitas pembelajaran PJOK daring pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penggunaan media berbasis ICT yaitu siswa menjadi lebih aktif, metode pembelajaran lebih bervariasi, media yang menarik, penggunaan waktu yang efisien, dan tercapainya tujuan pembelajaran. Pendidikan bertujuan membantu siswa agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dan mempersiapkan siswa untuk masa depan. Oleh karena itu, pemilihan model, metode, dan media pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan agar siswa dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. Kesimpulan dari kajian ini yaitu media pembelajaran berbasis ICT dapat mendukung efektivitas pembelajaran PJOK daring pada jenjang sekolah dasar. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan model, strategi, atau metode dalam jangka waktu yang lebih lama untuk mengukur efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Y. D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Andini, N. A., Amaliah, K., & Ariyansyah. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Vectorian Giotto Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SDIT di Kabupaten Oku Timur. 5(1), 25–30.
Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Journal of Chemical Information and Modeling, 16(9), 1689–1699.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semanrang: Fatawa Publishing.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1. 14911
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey pelaksaan pembelajaran pjok secara daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kejaora, 6(April), 189–196.
Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. R. (2013). Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. JPII, 2(2), 149–155.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Permana, A. S. (2018). Efektivitas media pembelajaran berbasis ict (website) berbantuan software lectora inspiredalam meningkatkan hasil belajar ekonomi. Jurnal Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
Rizki, S., & Wildaniati, Y. (2015). Efektifitas Bahan Ajar Dan Media Berbasis Ict Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.292
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology fith edition. New York, NY: Mc graw Hill.
Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160–166. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Supriyono. (2018). PENTINGNYA media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.
Suryani, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding WORKSHOP Nasional, 1–12.
Swadesi, I. K. I., & Kanca, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Berbasis ICT di SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif, 274–281.
Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Information and Communication Technologies Pada Pembelajaran Tematik. 1(20), 75–82.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal. v1i1.2793
Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. 1(2), 13–20.

Downloads

Published

2025-09-05

How to Cite

Harefa, B. P., & Andriani, N. (2025). PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK DARING DI SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(2), 290–299. https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.402

Issue

Section

Articles