EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA SD

Authors

  • Muhammad Akmal Prakoso Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Moh Syaffruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.661

Keywords:

Pemahaman konsep IPAS, Team Games Tournament, Kahoot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Tem Games Tornament (TGT) berbantuan media game Kahoot terhadap pemahaman konsep IPAS siswa kelas IV SD 1 Jepang. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPAS dari pengaruh model pembelajaran Team Games Tornament berbantuan media game Kahoot pada siswa kelas IV SD 1 Jepang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Jepang dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan. Teknik pengumpulan data tes dalam panelitian ini meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji normalitas, uji paired sample T-test, dan uji N-gain. Hasil analisis uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa tingkat signifikansi dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep IPAS siswa kelas IV SD 1 Jepang. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPAS dilakukan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain diperoleh sebesar 0,7179 dengan kriteria tinggi, Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa kelas IV SD 1 Jepang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. R., Fakhriyah, , F., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kotak Kehidupan pada Tema 6 Cita-citaku. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 7-13.

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. EduBase : Journal of Basic Education, 1, 127-135.

Damayanti, A. R., Kuryanto, M. S., & Fajrie, N. (2024). Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Bermuatan Permainan Tradisional untuk Kemandirian Kelas III SDN 1 Kepoh. Journal on Education, 6, 15643-15652.

Ilfa, M. K., Ardianti, S. D., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6, 141-152.

Janah, L. R., Fakhriyah, F., & Bakhruddin, A. (2023). Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantu Media Diorama Solar System untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Kelas VI di SD 5 Klumpit. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9, 1644-1654.

Khisma, F. A., Rondli, W. S., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SD N 2 Hadipolo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 5013-5020.

Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10, 554-563.

Latifah, A. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Peran Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7, 2650 - 2662.

Purnaningtyas, A. R., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Unos pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2, 15-23.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL- QALASADI, 4, 110-122.

Safitri, S. L., Santoso, D. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Melalui Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Absis: Mathematics Education Journal, 6, 106-111.

Salafiyah, J. A., Zuliana, E., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengembangan Dapita (Dakon Pintar Matematika) Sebagai Media Pembelajaran Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5, 89 – 98.

Salma, R., Fakhriyah, F., & Riswari, L. A. (2023). Kolaborasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Terpadu di SDIT Al Islam Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6, 587-599.

Sari, F. N., Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Materi Warisan Budaya Indonesia pada Pembelajaran IPAS. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7, 291-300.

Sriyani, D., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Enggoro (Engklek Gotong Royong) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 882-893.

Syafria, M. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7, 3111 - 3117.

Wardani, D. K., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2024). Minat Belajar Matematika dalam Permainan Tradisional Engklek. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6, 422-432.

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 3779 - 3785.

Downloads

Published

2025-09-05

How to Cite

Prakoso, M. A., Fakhriyah, F., & Syaffruddin Kuryanto, M. (2025). EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(2), 202–213. https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.661

Issue

Section

Articles