PENGEMBANGAN MEDIA MATHMIC (MATHEMATIC COMIC) MATERI PENJUMLAHAN

Authors

  • Asmaul Fauziah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.670

Keywords:

Mathmic (Mathematic Comic), pengembangan media, materi penjumlahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan kevalidan media pembelajaran MATEMATIKA (Komik Matematika) . 2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran MATEMATIKA (Komik Matematika) . 3) Menghasilkan keefektifan media pembelajaran MATEMATIKA (Komik Matematika) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode (R&D). Dalam penelitian ini, model pengembangan ADDIE digunakan untuk mengembangkan media komik. Model ini terdiri dari lima langkah interaksi: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Fokus penelitian ini adalah 23 siswa kelas II SD LABSCHOOL UNISMUH Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar angket respon siswa dan guru, lembar tes, dan validasi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MATEMATIKA (Komik Matematika) materi penjumlahan di sekolah dasar kelas II memperoleh skor validitas sebesar 98% dengan kriteria sangat valid, berdasarkan hasil angket respon guru memperoleh presentase sebesar 96% dan angket respon siswa kelas II sebesar 94% dengan kriteria praktis, dan keefektifan dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang memperoleh presentase sebesar 87% dan menunjukkan nilai sangat efektif. Sehingga penelitian ini menghasilkan produk yang dikembangkan memiliki kriteria secara keseluruhan valid, efektif dan praktis. secara keseluruhan produk yang dikembangkan memiliki kriteria secara keseluruhan valid, efektif dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Surabaya Materi Pecahan Berbantu Media Folding Paper.

Afiani, K. D. A., & Faradita mirza nanda. (2017). Else (Elementary School Education Journal). Else” (Elementary School Education Journal), 1.

Agung, R., Prodi, J., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2019). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.

Aisyah, F., Rachman, Y., Dian, K., Afiani, A., & Setiawan, F. (2023). Pengembangan Media Komatika (Komik Matematika) Pada Materi Pecahan Kelas 3 di Mi Muhammadiyah 5 Surabaya.

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar dengan Model Addie pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI)

Ayuka, F., Pradana, P., Universitas, M., & Wacana, K. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd.

Indaryati, & Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media For The Teaching Of Mathematics To Enchance The Motivation And Mathematics Learning Outcomes Grade V.

Kementian Pendidikan. (2018). Akses Meluas, Saatnya Meningkatkan Kualitas.

Khairani, S., Mailizar, Hidayat, M., & Johar, R. (2024). Developing Remedial Learning Videos on Algebraic Expression Material in Junior High Schools.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar.

Mailani Elvi, & Wulandari Elisa. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung.

Rahman arif, & Purnomo hery. (2024). Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-R-D.

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami.

Tamari, A., & Utami, N. S. (2023). Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Development of Ethnomathematics-Based Learning Media Material Two-Variable Linear Equation System.

Taufiqoh1, T., Supratman2, S., Ni’, K., & Artikel, R. (2023). Numerik: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Soal Matematika Berbasis AKM dalam Konteks Adiwiyata untuk Melatih Kemampuan Numerik Siswa Info Artikel Abstrak.

Downloads

Published

2025-09-05

How to Cite

Fauziah, A., Dian Ayu Afiani, K., & Setiawan, F. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA MATHMIC (MATHEMATIC COMIC) MATERI PENJUMLAHAN. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(2), 188–201. https://doi.org/10.36379/autentik.v9i2.670

Issue

Section

Articles