MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS 4 SDN KANDELU KUTURA

  • Agustinus Tanggu Daga Universitas Katolik Weetebula
  • Theresia Kresensia Ince Mete Universitas Katolik Weetebula
  • Maria Goteri P. D. Lalo Universitas Katolik Weetebula
  • Yohanes Umma Universitas Katolik Weetebula
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, proses pembelajaran

Abstract

Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum merdeka adalah meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan potensinya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Masalah utama penelitian ini adalah kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan tes. Analisis data meliputi analisis persentase  dan nilai rata-rata. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan dalam aspek keaktifan, kerjasama, dan presentasi. Hasil tes menunjukan adanya peningkatan  presentase dan  nilai rata-rata siswa. Peningkatan paling tinggi terjadi pada siklus I antara pres-test dengan siklus I. Penelitian ini menyimpulkan  bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kualitas proses pembelajara dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berimplikasi bahwa guru-guru perlu menerapkan pembelajaran berbasis proyek dalam proses pembelajaran di  kelas IV sekolah dasar di SDN Kandelu Kutura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyah, N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning Dan Discovery Learning Dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelaja. Bandar Lampung: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293–303. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Astuti, N., Efendi, U., Riswandi, & Haya, F. F. (2022). The Impact of Project Based Learning Model on Creative Thinking Ability of Forth Grade Students. International Journal of Elementary Education, 6(3), 440–445. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.48881
Hamsyah, E. F., & Gustina. (2023). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Mahasiswa STKIP PI Makassar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 931–938. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6605
Hermaliza, H., Efendi, J., & Gistituati, N. (2018). The Effect of Learning Model Project Based Learning on The Activities and Study Results of IPA Graders VI. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education, 178, 116–119. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.27
Hikmawati, Zulfan, & Dinansih, E. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Leuwihieum dalam Mengerjakan Soal Bertipe HOTS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i1.222
Issa, H. B., & Khataibeh, A. (2021). The Effect of Using Project Based Learning on Improving the Critical Thinking among Upper Basic Students from Teachers’ Perspectives. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 52–57. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Fase A - Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Khasanah, S. U., & Darsinah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281–287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666
Kusmiati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 206–221. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1309
Lazić, B. D., Knežević, J. B., & Maričić, S. M. (2021). The Influence of Project-Based Learning on Student Achievement in Elementary Matheatics Education. South African Journal of Education, 41(3), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v41n3a1909
Maulidia, N. F., & Istiqomah, D. A. (2023). Desain Pembelajaran IPS Berbasis Project Based Learning Pada Tingkat SD/MI. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 15(2), 295–305.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian (Cetakan 3). Bandung: Pustaka Setia.
Murniyati, & Winarta. (2018). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 25–33. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Nirmayani, L. H., & Dewi, P. N. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Pramiswari, E. D., Suwandayani, B. I., & Deviana, T. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhmmadiyah 03 Assalaam. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 212–224. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.343
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487–496. https://doi.org/10.58230/27454312.273
Santi, Y. N. (2016). Studi Komparasi Model Pembelajaran PBL Dan Model Pembelajaran PjBL Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN IV Jatisrono Dan SDN II Jatisari Tahun 2015/2016. Surakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Savitri, A. S., Sholih, J. A. U., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Peran Teknologi Berdasarkan Perspektif Merdeka Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2818–2829. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.641
Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison of PjBL (Project Based Learning) Models With PBL (Problem Based Learning) Models to Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.30087
Sinariati, N. P. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(1), 83–87. https://permatamandalika.com/index.php/MADU
Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Unisri Press.
Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898
Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62. https://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/18
Winarto. (2016). Modul Ajar Penelitian Tindakan Kelas (Taufiq Ekoyanto (ed.)). Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Zuryanty, Kenedi, A. K., Chandra, R., Hamimah, & Fitria, Y. (2019). Problem Based Learning: A Way to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students on Science Learning. Proceeding In2nd International Conference on Advance & Scientific Innovation, 1424(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012037
Published
2024-02-02
How to Cite
Daga, A., Mete, T., Lalo, M., & Umma, Y. (2024, February 2). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS 4 SDN KANDELU KUTURA. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 24-34. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.462
Section
Articles
Abstract viewed = 580 times
PDF downloaded = 185 times