ANALISIS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
  • Gio Mohamad Johan SDN 17 Pontianak Kota

Abstract

Abstrak

Keberadaan pandemi Covid-19 yang telah sekian waktu terjadi Indonesia secara langsung sangat berdampak pada kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring, faktor pendukung, kendala yang dihadapi, dan keefektifannya selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pontianak Kota dari bulan Juli sampai Agustus 2021. Ini Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran pembelajaran online di sekolah dasar Kecamatan Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan data dari wawancara semi terstruktur yang diberikan kepada guru kelas, siswa, dan orang tua siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pandemi Covid-19 berdampak pada kegiatan pembelajaran. Pembelajaran secara daring dilakukan dengan menggunakan media Google Meet dan WhatsApp. Pembelajaran daring dirasakan kurang efektif karena materi tidak tersampaikan seluruhnya kepada siswa. Sebagian besar kegiatan dilakukan hanya dengan memberikan materi secara singkat dan pemberian tugas serta mengumpulkan tugas. Dengan demikian perlu adanya langkah terobosan yang perlu dilakukan guru agar pembelajaran tidak monoton dan bisa bermakna bagi siswa meskipun dalam keadaan pembelajaran daring.

 

Kata kunci: pembelajaran daring, pandemi, sekolah dasar

Abstract

The existence of the Covid-19 pandemic that has occurred in Indonesia for a long time has a direct impact on learning activities in elementary schools. This study aims to analyze the implementation of online learning activities, supporting factors, obstacles faced, and their effectiveness during the Covid-19 Pandemic. This research was carried out in elementary schools located in Pontianak Kota District from July to August 2021. This study used a qualitative descriptive method to provide an overview of online learning in Pontianak City elementary schools. This study uses data from semi-structured interviews given to classroom teachers, students, and parents. Data analysis using data analysis techniques using interactive models. The results of this study show that the Covid-19 pandemic has an impact on learning activities. Online learning is carried out using Google Meet and WhatsApp. Online learning is felt to be less effective because the material is not fully conveyed to students. Most of the activities are carried out only by giving material briefly and assigning assignments and collecting assignments. Thus, there is a need for breakthrough steps that teachers need to take so that learning is not monotonous and can be meaningful for students even in a state of online learning.

 

Keywords:  online learning, pandemic, elementary school

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta
Basilaia, G. & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during
SARSCoV-20-coronavirus (Covid-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical
Research,5(4):1–9.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran
di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1):152-159.
Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring
di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1):55-61.
Dhawan, S. (2020). Online learning: a panacea in the time of Covid-19 crisis. Journal
of Educational Technology Systems, 49(1):5-22.
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A.M. (2020). Analisis keefektifan
Pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 2(1):28-37.
Elfrianto, E., Dahnial, I., & Tanjung, B.N. (2020). The competency analysis of principal
against teachers in conducting distance learning in Covid-19 pandemic. Jurnal
Tarbiyah, 27(1):156-171.
Ghasya, D. A. V., Salimi, A., & Pranata, R. (2021). Analisis Keterlaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Tinggi Sekolah
Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Numeracy, 8(1), 41-57
Milman, N.B. (2015). Distance education. International Encyclopedia of the Social &
Behavioral Sciences: Second Edition, 567-570.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prawiradilaga, D.S., Wirasti, M.K., Siregar, E., Suprayekti, Nursetyo, K.I., & Ariani, D.
(2013). Pengembangan Bahan Ajar Lokakarya Content Design of Web-Based
Learning, Jakarta: Prenadamedia Group.
Riyana, C. (2013). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online, Universitas
Terbuka, Tangerang Selatan.
Rigianti, H.A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru Sekolah Dasar di Kabupaten
Banjarnegara. Journal Elementary School, 7(2):297-302.
Singh, V. & Thurman, A. (2019). How many ways can we define online learning? A
systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018).
American Journal of Distance Education, 33(4):289-306.
Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., & Nizaruddin, N. (2018). Building interactive
communication with Google Classroom. International Journal of Engineering &
Technology, 7(2.13):460– 463.
Sukur, M. H. 2020. “Penanganan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam
Perspektif Hukum Kesehatan”. Journal Incio Legis. 1(1).
Published
2021-09-10
How to Cite
Vilda Ghasya, D., & Johan, G. (2021, September 10). ANALISIS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 168-179. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.147
Section
Articles
Abstract viewed = 102 times
PDF downloaded = 86 times