STRATEGI MEDIA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN KALIANGET TIMUR 1 KALIANGET SUMENEP

  • Suhartinah Suhartinah
Keywords: studi banding, kepala sekolah, kinerja Guru

Abstract

Upaya kepala sekolah meningkatkan kinerja Guru dengan menggunakan strategi studi banding terhadap sekolah unggulan lainnya, dapat dipahami sebagai tindakan stimulan kepala sekolah tehadap kinerja guru dengan saling berbagi informasi antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti akan menjawab beberapa rumusan masalah yang berkaitan dengan tindakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan strategi media studi banding. Pertama, bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sebelum dilakukan studi banding? Kedua, bagaimana kinerja guru setelah diadakan studi banding oleh kepala sekolah?

Metode Penelitian ini, akan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu dengan melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan  refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja guru sebelum dilaksanakan tindakan dapat dibilang stagnan, setelah studi banding dilaksanakan dapat menjadi strategi media peningkatan kinerja guru oleh kepala sekolah. Studi banding sebagai media sharing informasi dan pengalaman guru dalam meningkatkan kinerja. Dan kinerja guru semakin menunjukan performance yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Etisnawati (2020). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu tenaga
Hopper, Wim (2004). Orientasi Pendidikan Dasar. Ciputat: Logo Wacana Ilmu.
Mahiska.(2023). Pengertian Study banding dan cara melaksanakan Study banding http://rembangonline.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-cara-melaksanakan-study.html
Marhan (2017). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mmeningkatkan Kinerja Guru
Pendidik. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia): Vol. 6 (1), 13-18.
Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 4 Pagaralam. Jurnal al-Bahtsu: Vol. 29(1), 73-86.
Sri Banun, dkk. (2016).Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu pendidikan pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala : Volume 4 (1), 137- 147.
Usman, Husaini, dkk. (2011) Metode Penelitian Sosial. Jakarta :Bumi Aksara
Zulkifli.(2014). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMA Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. VOL. XIV (2), 305-319.
Arifin, Imron. (2004). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Berprestasi, Studi Multi Kasus Pada MIN Malang 1, MI Mambaul Ulum dan SDN NGALIK 1 Batu Malang. Malang : Aditiya Media Publishing.
Published
2021-09-13
How to Cite
Suhartinah, S. (2021, September 13). STRATEGI MEDIA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN KALIANGET TIMUR 1 KALIANGET SUMENEP. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 212-221. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.149
Section
Articles
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 40 times