P PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SEKILAS BERBASIS KNOW WANT LEARNED KELAS V SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SEKILAS BERBASIS KNOW WANT LEARNED KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ade Irma Suryani STKIP Adzkia
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar

Abstract

                                                      Abstrack

This aim of the research is to develop reading materials for skimming activity by using KWL strategy that was valid, practical, and effective. This research to solve to help the students understand the text in line with the phase of reading itself; before-, whilst-, and post-reading. in developing the material using 4D is to define, design, develop, and disseminate. Validation results with a 3.69 earned lesson plans are very valid category, and an average of 3.74 with a validity of the material is very valid category. Observations of the  lesson plans obtained 85.67% categorized as very practical. Teacher response results obtained 97.50%  and students 88.52% categorized as very practical. Activities students acquire 82,41% in trials and 86.61% in the deployment phase with very good category. The results of the activity of reading skimming gained 82.89% in the test and 85.42% in the deployment phase with very good category. Concluded that the reading material for skimming activity based KWL strategy is valid, practical, and effective.

 

Keywords: teaching materials, skimming activty skills,KWL.

 

 

                                                            Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca sekilas dengan menggunakan strategi KWL yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini untuk membantu siswa memahami teks sesuai dengan tahap pra, saat dan, pascabaca. Pengembangkan materi menggunakan desain 4D yaitu  mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Hasil validasi rencana pelajaran diperoleh 3,69 dengan kategori sangat valid, dan rata-rata validitas materi adalah 3,74 dengan kategori sangat valid. Pengamatan keterlaksanaan rencana pembelajaran diperoleh 85,67% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon guru terhadap bahan ajar memperoleh 97,50% dan siswa 88,52% dengan kategori sangat praktis. Persentase aktivitas siswa memperoleh 82,41% dalam uji coba dan 86,61% dalam tahap penyebaran dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas membaca skimming memperoleh 82,89% dalam uji coba dan 85,42% pada tahap penyebaran dengan kategori sangat baik.  Hasil simpulannya yaitu bahan ajar untuk kegiatan skimming berdasarkan strategi KWL adalah valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: bahan ajar, keterampilan membaca sekilas,KWL 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR RUJUKAN

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Nurhadi.2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Dunia
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riswanto,dkk.2014. The Effect of Using KWL (Know, Want, Learned) Strategy on EFL Student Reading Comprehension Achivement. International Journal Of Humanities and Social Science. Vol.4, No.7, pp.225-233 (http://ijhssnet.com,
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Soedarso. 2005. Sistem Membaca Cepat dan Efektiv. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surapranata, Sumarna. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.
Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Matapena.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tran dan Paul.2014. Reading Speed Improvement in a Speed Reading Course and Its Effect on Languge Memory Span. Electronic Journal of Foreign Language Teaching. Vol. 11, No.1, pp 5-10 (http://e-flt.nus.edu.sg/
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yildirin dan Ates.2012. Silent of Oral Readin Fluency. International Journal On New Trends in Edication and Their Implication, (online),Vol.3, No.4, pp.79 (http://www.ijonte.org)
Published
2018-11-21
How to Cite
Suryani, A. (2018, November 21). P PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SEKILAS BERBASIS KNOW WANT LEARNED KELAS V SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 9-19. Retrieved from https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/16
Section
Articles
Abstract viewed = 1814 times
PDF downloaded = 2191 times