GAME BASE ON AUGMENTED REALITY CARD SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN

  • Galih Priyadi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Learning Support Media, Augmented Reality Card, Science, Food Chains Materials

Abstract

 Perkembangan zaman dan teknologi terus berkembang secara pesat, perkembangan
ini perlu selaras dengan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
media penunjang pembelajaran yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun
berbasis game interaktif Augmented Reality Card. Fokus pengembangan media
adalah pada desain UI (User Interface), UX (User Experience) serta MDA (Mechanics,
Dynamics and Aesthetics) yang terdapat pada mata pelajaran IPA materi rantai
makanan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan model dengan
menggunakan metodologi model ADDIE, yang diawali membaca berbagai literatur
sebagai referensi, mengumpulkan data melalui kuisioner analisis kebutuhan kepada
pendidik dan peserta didik kelas V sekolah dasar hingga uji kelayakan yang divalidasi
oleh 3 ahli. Penelitian ini dilakukan di SDN 08 Kenari Pagi Jakarta Pusat dengan 2
narasumber pendidik serta 20 narasumber peserta didik kelas V. Produk yang
dihasilkan dari penelitian ini berupa aplikasi game, kartu marker serta buku petunjuk
penggunaan yang memiliki hasil rata-rata 94,67% yang jika diinterpretasikan
mendapatkan hasil Sangat Baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 341. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282

Ariso, J. M. (2017). Augmented Reality : Reflections on its Contribution to Knowledge Formation. In G. Abe & J. Conant (Eds.), Augmented Reality : Reflections on its Contribution to Knowledge Formation (Series). Deutsche Nationalbibliothek. https://doi.org/10.26530/oapen_628401

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. In M. I. A. Syauqi (Ed.), Laksita Indonesia (1st ed., Issue August). Laksita Indonesia. www.laksitapublisher.com

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (R. Guswandi (ed.); 1st ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Febrianti, L., Nurhadi, & Halidjah, S. (2013). Korelasi Pemanfaatan Media Visual Dengan Kemampuan Menulis Karangan Kelas V Sdn 14 Sungai Kakap.

Gün, E. T., & Atasoy, B. (2017). The effects of augmented reality on elementary school students’ spatial ability and academic achievement. Egitim ve Bilim, 42(191), 31–51. https://doi.org/10.15390/EB.2017.7140

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai (2nd ed.). KENCANA (Divisi dari PRENADAMEDIA Group).

Journal, I., & Education, I. (2019). Implementation Of Augmented Reality Technology In Natural Sciences Learning Of Elementary School To Optimize The Students’ Learning Result | Fakhrudin | International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET). 3(1), 1–10. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/IJIET/article/view/814/1317

Julyanti, R. (2020). Pembelajaran Sains IPA Berbasis Teknologi Informasi di Tengah Masa Darurat Covid-19. Kementrian Agama Republik Indonesia. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pembelajaran-sains-ipa-berbasis-teknologi-informasi-di-tengah-masa-darurat-covid-19

Lestari, D. E. (2020). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar (Erye Art (ed.)). Pustaka Taman Ilmu.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Collase: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(3), 328–336. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/7140

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol.13, No, 174–183.

Pamoedji, Andre Kurniawan, Maryuni, R. S. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3d (4th ed.). PT. Elex Media Komputindo.

Ramli, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (1st ed.). IAIN Antasari Press.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9). Aswaja Pressindo.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (Fitriyani (ed.); 1st ed.). UNY Press.

Tridhonanto, A., & Beranda Agenc. (2011). Optimalkan Potensi Anak dengan Game (1st ed.). PT Elex Media Komputindo.

Yuniarti, R., & Komarudin, A. (2018). Desain Interaksi Game Edukasi Rantai Makanan Menggunakan Teknologi Mobile Augmented Reality. Jurnal Masyarakat Informatika Unjani (JUMANJI), 02(01), 39–50.
Published
2022-08-31
How to Cite
Priyadi, G. (2022, August 31). GAME BASE ON AUGMENTED REALITY CARD SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 174-181. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.198
Section
Articles
Abstract viewed = 71 times
PDF downloaded = 135 times