PENGEMBANGAN LKPD LIVEWORKSHEETS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi yang belum digunakan secara maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung yang berjumlah 27 orang untuk mengetahui praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas IV SD. Hasil analisis terhadap instrumen validasi materi adalah 88,8%, validasi kebahasaan adalah 90%, dan validasi media adalah 92,70%, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 97,14% (sangat praktis) dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 92,86% (sangat praktis).
Downloads
References
Beladina, Suyitno, & K. (2013). Keefektifan model pembelajaran core berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis siswa. https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/ujme/3363.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400
Dewi, I. S., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 482–491.
Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96
Dinata, T. P., & Reinita, R. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189–1202. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/584%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/584
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Nurhidayati, S. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Prasetya dkk. (2021). Kumpulan Artikel Inovasi Guru. Guepedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.