EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Niken Dwi Saraswati Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Suhandi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Abstract

Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pengunaan model problem based learning dan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental dengan desain The Static-Group Comparison. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang ada di Gugus Gajah Mungkur Kecamatan Getasan sejumlah 140 siswa, namun sampel yang digunakan dalam penelitian ini di SD Negeri Getasan, SD Negeri Manggihan dan SD Negeri Wates 02 sejumlah 65 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan pada perolehan hasil uji t kemampuan berpikir kritis pada kelompok model Problem Based Learning dan kelompok Problem Solving yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya penerapan model problem based learning lebih unggul secara signifikan dibandingkan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Problem Solving, Berpikir Kritis
Abstract
The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of problem based learning models and problem solving models on mathematical critical thinking skills in fifth grade elementary school. This study uses a Quasi Experimental type with The Static-Group Comparison design. The population in this study was the fifth grade elementary school students in the Gajah Mungkur Getasan Dictrict Cluster with a total of 140 students, but the samples used in this study were 65 students at Getasan Elementary School, Manggihan Elementary School and Wates 02 Elementary School. The results obtained from this study are based on the results of the t-test of critical thinking skills in experimental group 1 and experimental group 2 which show a Sig. (2-tailed) value of 0.000 ˂ 0.05, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the application of the model problem based learning is significantly superior to the problem solving model on the mathematical critical thinking skills of fifth grade elementary school students. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Syamsul. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Astuti, W. P., Wahyudi, Indarini, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 2(2), 159-166.
Ayudya, M. S., Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Dalam Pelajaran Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 272-281.
Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 1-8.
Hidayat, Ujang S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Misla dan Mawardi. (2020). Efektivitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60-65.
Sidiq, M. A., Prasetyo. T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 361-370.
Sisnanto, Wahyudi, Indarini, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 830-839.
Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA. Solo: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).
Tumanggor, Mike. (2021). Berfikir Kritis, (Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21). Jakarta: Gracias Logis Kreatif.
Triningsih, R., Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 51-56.
Widyastuti, R. T., Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 5(3), 1120-1129.
Zubaidah, Siti. (2015). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Universitas Negeri Malang.
Published
2022-08-31
How to Cite
Saraswati, N., & Astuti, S. (2022, August 31). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 339-348. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.259
Section
Articles
Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 82 times