MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL ONLINE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 6 SD YP NASIONAL SURABAYA

  • Monica Dewi Amalia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran, Model Online Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa  dalam matematika kelas 6 SD YP Nasional Surabaya dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan berfikir kreatif siswa dalam matematika kelas 6 SD YP Nasional Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 6 SD YP Nasional Surabaya tahun pelajaran 2022 sebanyak 16 orang dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelutian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai rata-rata berfikir kreatif siswa pada tahap prasiklus yaitu 37,5%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 nilai berfikir kreatif siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 31,25%. Peningkatan ini masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga dilakukan siklus II.  Pada siklus II nilai rata-rata berfikir kreatif siswa mencapai 56,25. Peningkatan pada siklus II ini sudah mencaoai ketuntasan secara klasikal sehingga tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya, sehingga dapat disampulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, K., & Faradita, M. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms . Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16–27.
Aprianingsih, V. (2021). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BELAJAR.
Biologi, S. P., Pascasarjana, P., Makassar, U. N., Biologi, J., & Makassar, U. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Application of Problem Based Learning Model ( PBL ) in improving the ability of Creative Thinking and Student Learning Outcomes. 257–262.
Galuh Kamilia, A. (FKIP/UM S. (2016). Konseptual, A Deskripsi Kreatif, Berpikir. 2008, 7–19.
Kemmis dan Mc Tanggart. (n.d.).
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 3(5), 2854–2860.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
Published
2022-08-31
How to Cite
Amalia, M., Putra, D., & Setiawan, F. (2022, August 31). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL ONLINE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 6 SD YP NASIONAL SURABAYA. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 303-314. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.262
Section
Articles
Abstract viewed = 76 times
PDF downloaded = 58 times