HUMANISTIC LEARNING THEORY; UPAYA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH

  • Hambali Hambali Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Fathor Rozi Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Dian Nuraini Universitas Nurul Jadid Probolinggo

Abstract

This study discusses the application of humanistic theory in improving student achievement at MI Nurul Yakin Sumberanyar Paiton. This research uses qualitative research method of case study type. This research was conducted since April 30, 2022. The data sources are observations and interviews. To obtain valid and reliable data, the researcher conducted interviews with several informants using purposive sampling technique, which consisted of five people, namely Ning Durrotus Shaimah as the principal, Hani as the deputy head, Titin as the deputy head of the curriculum, Cici Malika as one of the teachers, and Afkara Raysifa one of the students at the institution. The data analysis is data collection, data reduction, data display, and conclusions. The research results obtained are (1) the existence of adequate facilities and infrastructure, (2) the provision of rewards, (3) the existence of professional teachers and (4) student-centered learning strategies. With the application of humanist learning theory, it is possible for student achievement to be achieved.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Maya, and Havea Juliar Apko. 2021. “Kompetensi Guru : Metode Praktik Dalam Pembelajaran IPA.” At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan 8(1):55–70.
Armedyatama, Fikri. 2021. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):11–19.
Febianti, Yopi Nisa. 2018. “Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward Dan Punishment Yang Positif.” Jurnal Edunomic 6(2):93–102.
Febriyana, Mutia, and Winarti. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching.” Jurnal EduTech 7(2):231–35.
Firdaus. 2020. “Esensi Reward Dan Punishment Dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(1):19–29.
Firdaus, Sulton, Muallim Wijaya, Rahmatul Aziz Al Mursyidi, Moh Wasil Haqiki, and Zainal Abidin. 2020. “Learning Management; Identifying Learning Styles of Language Learners in Madrasah.” Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (August):3783–90.
Hapsari, Fadjriah, Laila Desnaranti, and Siti Wahyuni. 2021. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.” Research and Development Journal Of Education 7(1):193–204.
Harahap, Lia Junita, Rabiyatul Adawiyah Siregar, and Dwi Ratna Anjaning Kusuma Marpaung. 2022. “Analisis Pelaksanaan Praktikum Dan Kelengkapan Sarana Prasarana Laboratorium Biologi Di SMA Negeri Kota Padangsdimpuan.” 01(1):9–16.
Hidayat, A. Gafar, and Tati Haryati. 2019. “Peran Guru Profesional Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal ( Maja Labo Dahu ) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” Jurnal Pendidikan IPS 9(1):15–28.
Mahermawati. 2018. “Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Siswa Kelas V SD Negeri 011 Desa Baru Siak Hulu.” Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7(2):194–203.
Megawati, and Chaerul Rochman. 2019. “Analisis Ketercapaian Standar Sarana Dan Prasarana Pada Sekolah.” Al-Ta’dib ; Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 12(2):240–58.
Milles, M. B., and Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.
Minah, Sitti, Agus Haryono, and Soaloon Sinaga. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi.” JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan 2(1):69–77.
Nana, Darna, and Herlina Elin. 2018. “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen.” Jurnal Ilmu Manajemen 5(1):288.
Nurulaini. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Sub Tema Tubuhku Melalui Pendekatan Tematik Dengan Menggunakan Teknik Reward Pada Siswa Kelas I Semester I SDN Sintung Timur Tahun Pelajaran 2018 / 2019.” Jurnal Dan Pendidikan Ilmu Sosial 4(1):254–62.
Pratama, Aditya Faturrohman. 2021. “Bimbingan Belajar Dengan Pendekatan Student Centered Learning Untuk Pembiasaan Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19.” Pp. 1–20 in Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Vol. 1.
Pratami, Fuji, and Syamsiah Depalina Siregar. 2020. “Optimalisasi Peran Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19.” Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam 1(1):25–35.
Rosiah, Rosi, and Azizia Freda Savana. 2021. “Keefektifan Student-Centered Learning ( SCL ) Metode Cerita Dalam Pembelajaran Huruf Kanji Level Menengah.” Journal of Japanese Language Education and Linguistics 5(2):159–67.
Rozi, Fathor. 2021. “Variations in Learning Methods; Upaya Dalam Mencetak Pakar Fiqh Melalui Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Ma’had Aly.” Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 9(1):81–98.
Saleh, Abul Abas Muhammad. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Kota Kupang.” Al Manam: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 1(1):1–12.
Setyaningih, Sri. 2018. “Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Sebuah Studi Kasus Di Universitas Negeri Semarang.” Jurnal Managemen Pendidikan 13(1):62–71.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2018a. “Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran.” Islamuna : Jurnal Studi Islam 5(1):1–12.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2018b. “Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam.” Islamuna : Jurnal Studi Islam 5(1):1–12.
Sulaiman, Sulaiman, and S. Neviyarni. 2021. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 2(3):220–34.
Suprihatin. 2017. “Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3(1):82–104.
Wati, Dwi Nur Asmoro. 2021. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Ontegratif Melalui Teknik Reward Pada Siswa Kelas I SDN Teguhan 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018.” Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru I(3):83–92.
Widat, Faizatul, and Eka Efanadari. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini.” Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):128–42.
Widiastuti. 2019. “Mengatasi Keterbatasan Sarana Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Overcoming Facilities Limitations Affecting Physical Education Learning Activities).” Polygot: Jurnal Ilmiah 15(1):140–55.
Widyanto, I. Putu, and Raisa Vienlentia. 2022. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Student Centered Learning.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 7(4):149–57.
Published
2022-08-31
How to Cite
Hambali, H., Rozi, F., & Nuraini, D. (2022, August 31). HUMANISTIC LEARNING THEORY; UPAYA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 349-359. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.268
Section
Articles
Abstract viewed = 217 times
PDF downloaded = 157 times