PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DIDUKUNG DENGAN QR CODE UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Arfina Dewa Yanti Universitas Bhinneka PGRI
  • Ria Fajrin Rizqy Ana Universitas Bhinneka PGRI
Keywords: Media Pembelajaran, QR Code, Ular Tangga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ular tangga didukung dengan QR Code, untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran ular tangga didukung dengan QR Code, dan untuk mengetahui keterterapan media pembelajaran ular tangga didukung dengan QR Code. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Beji yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dilakukan dalam 5 tahapan yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Media pembelajaran ular tangga didukung dengan QR Code ini melalui tahap validasi dari 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Hasil penelitian dari validasi ahli media didapatkan skor keseluruhan 93% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli materi memperoleh skor keselurahan 80% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan rata-rata skor keseluruhan dari angket siswa menunjukkan presentase 95% dengan kategori “Sangat Baik” dan dari angket guru diperoleh skor presentase 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga didukung dengan QR Code layak digunakan pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan MedFebrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.ia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Kurniawan, R., Kurniasari, F., & Rakhmawati, R. (2021). Pengembangan Animasi Virtual Karakter Anak dengan Autisme dengan Model ADDIE. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 10(1), 32–40. https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i1.894
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. 253–260.
Nafisah, D., & Ghofur, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985
Nurtama, M. E., Muhtahidin, & Wulandari, R. (2018). Pengembangan Media Ular Tangga 3D Pada Berbantuan Phet Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi. 2, 101–108.
Paksi, H. P. (2022). Pengembangan Media Game Lartapoli Berbasis Android Barcode Untuk Membantu Siswa SD Memahami Materi Nilai Persatuan dan Kesatuan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 869–880.
Rastika, N., & Karawistha, N. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Ular Tangga Berbasis Adobe Flash Cs 6 Pada Tema 6 Di Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional …, 1, 1–13. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/download/10/7
Resti Aulia, E., Cahya Maulidiyah, E., Fitri, R., & Mas’udah. (2022). Media Ular Tangga Qr Code Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 73–92. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.599
Syefrinando, B., Suraida, S., & Parman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1522
Published
2023-09-04
How to Cite
Yanti, A., & Ana, R. (2023, September 4). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DIDUKUNG DENGAN QR CODE UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 240-251. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.356
Section
Articles
Abstract viewed = 238 times
PDF downloaded = 200 times