URGENSI MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS BAGI SEORANG GURU
DOI:
https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.44Keywords:
Urgency, Creating, Quality, LearningAbstract
Learning is all efforts of teaching and learning in order to create effective and efficient teaching and learning process. Learning is a process to help students to learn well. The learning activities are expected to be a better change for students who study. These changes are related to cognitive, psychomotor, and affective aspects. The main purpose of learning is to provide opportunities for students to express their abilities so that there is a better change in themselves. There are several factors that affect learning outcomes, including (1) Student, (2) Teacher, and (3) Learning Designs. To achieve these learning objectives, it is necessary to have the skills of a teacher in designing quality learning. There are several methods that can be done by teachers to create quality learning, namely: (1) Understanding Student Characteristics, (2) Developing Learning Implementation Plans, (3) Building Student Learning Motivation, (4) Mastering Learning Materials, (5) Using Innovative Learning Media, (6) Using Innovative Learning Models, (7) Interspersing with Joke in Learning Activities, (8) Conducting feedback, and (9) Conducting Evaluations.
Downloads
References
Ahmad, A. 2007. Desain Pembelajaran. Lentera Pendidikan, Vol.10 (2): 135-152
Ainurrahman. t2013. Belajart ydan Pembelajarany. Bandung: Alfabeta
Darsono. 2001. Belajarb xdan Pembelajaran. Semarangi : IKIP Semarangx xPress.
Djamarah, Syaifuli iBahri. 2002. Psikologi Belajarb.Jakarta: Rinekai Ciptav
Hamid, A. 2010. Pentingnya Membangun Mtoivasi dalam Organisasi. Jurnal Psikovidya Vo. 14 (2) : 50-159
Hamzah B. vUno. 02009. Teorii iMotivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardini, I & iPuspita, iD. 82012. Starategi Pembelajaranb nTerpadu. Yogyakarta : Familia.
Isjoni dan Ismail, M.A. 2012. Model-Modely Pembelajaranx xMutakhir:
Perpaduang xIndonesia. Yogyakarta: Pustakav mPelajar.
Maharani, A.A.P & Widhiasih, L.K. 2016. Responi Siswai Terhadapi iUmpan Baliki Gurux Saato oPelajaran Bahasai Inggrisi di SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati Vol.5 (2): 88-92
Marihah. 2017. Evaluasik xBelajar Peserta Didik (siswa). Jurnal Idaarah, Vol. 1, (2): 257-267
Nadya, W & Duryati. 2014. Efektivitas Strategi Mengajar Menggunakan Humor dalam Meningkatan Prestasi Siswa Pada Pelajaran Matematika. Jurnal RAP UNP, Vol. 5 (1): 53-61
Novalita, R. v2014. xPengaruh Perencanaanp gPembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaranv (Suatu Penelitian Terhadapc mMahasiswa xPPLK Programz Studim Pendidikan Geografiy FKIPv bUniversitas Almuslim). Lentera Vol. 14 (2): 56-61
Oktavia, N.F. 2015. wPengaruh Karakteristiku Pesertap sDidik Terhadap Hasilx Belajarv Mata Pelajarano Geografi Kelas X Semesteri Ganjil SMAN Kesamben Jombang Tahun Pelajaranq 2014/2015. Swara Bhumi. Vol 3 (3):91-99
Prihartanta, pW. 52015. vTeori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Vol. 1 (83):1-11
Riyanto, Y. 2012. Paradigmax vBaru Pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Jakarta: Kencana Predia Media Group.
Sanjaya. W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasif Standarv mProses Pendidikan. oJakarta: Prenadamedia fGroup.
Sardiman A.M. 2004. Interaksih idan Motivasiq Belajarx mMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, A. & Iin Wariin. I. 2017. Desainx Bahanx xAjar syang Berorientasiw Padaw wModel Pembelajarank Studentk Team Achievement Division jUntuk Capaianw ePembelajaran sPada Ranahx iPemahaman Siswa Pada Matai Pelajarani IPSy Kelas VII SMP Negeri 1 Plered vKabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic. Vol. 5 (1): 17-32
Shaffat, Idriss. 2009. Optimized Learning Strategy Pendekatan Teoritis dan Praktik Meraih Keberhasilan Balajar. Jakarta: Prestasi Pustaka
Slameto. 2010. Belajarx danx xFaktor yangi imempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulo Lipu iLa Sulo, Mappasoso S., dan Komariah Azikin. 2002. Kumpulan ’Hand Out’ Strategi Belajar Mengajar. Makassar: FIP UNM
Sumarno. 2016. Pengaruhr rBalikan (Feedback) sGuru sdalam
Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik
(Suatu Kajian Teoritis Dan Empirik). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 1 (2): 115-125
Sunhaji. 2014. Konsepe Manajemen Kelasu danu uImplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol.2 (2) :30-46
Sundari, H. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga. Vol 1, (2):106-117
Suranto. 52015. Pengaruhi iMotivasi, Suasana Lingkungan Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Sma Khusus Putri Sma Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 25, (2): 11-19
Trianto. 2010. Mengembangkany yModel Pembelajarani iTematik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Uno,xH,B. 2008. xPerencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno, zH.B. 2012. Teorid cMotivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. BumiAksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.