PENGGUNAAN METODE TALKING BALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN KETAWANG KARAY I

  • Ngumpriyatun Ngumpriyatun
Keywords: Metode Talking Ball, Keterampilan Bercerita, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN Ketawang Karay I Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenepdengan menerapkan metode Talking Ball. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah siswa kelas II berjumlah …. orang, tahun tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian dari segi keterampilan bercerita menunjukkan terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Dari 13 peserta didik, 6 peserta didik (46%) yang terampil bercerita dengan baik tanpa rangsangan dari guru, 2 peserta didik (15%) yang terampil bercerita dengan cukup baik (ada rangsangan dari guru), 5 peserta didik (39%) yang tidak terampil bercerita di depan kelas meskipun telah diberi rangsangan oleh guru.Pada siklus II meningkat,9 peserta didik (70%) terampil maju bercerita (tanpa rangsangan dari guru), 2 peserta didik (15%) terampil  maju bercerita dengan cukup baik (ada rangsangan dari guru), 2 peserta didik (15%) tidak terampil  bercerita meskipun telah diberi rangsangan dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Eggen and Kauchak. 2011.Strategi Dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Fuad Ihsan. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.
Mulyati, Yeti. Kelebihan Dan Kekurangan MetodeTalking Ball.Download 6 Oktober
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada university press.
Purwanto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto.2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiharto, Kartika N.F. Farida Harahap. dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Mesmedia Buana Pustaka.
Tarigan.2001. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni.2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Widodo.2009. Diakses dari Model Pembelajaran Talking Ball dalam Jurnal Online.
Published
2020-06-29
How to Cite
Ngumpriyatun, N. (2020, June 29). PENGGUNAAN METODE TALKING BALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN KETAWANG KARAY I. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 25-32. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.47
Section
Articles