MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN INPRES 02 SANOBA

  • Rivaldo Paul Telussa Universitas Satya Wiyata Mandala

Abstract

Penelitiani inii dilakukani dengani tujuani untuki meningkatkani penguasaani konsepi siswai dengani menggunakani modeli pembelajarani discoveryi berbantuani mediai audiovisual.i Penelitiani inii dilakukani dii SDi Negerii Inpresi 02i Sanobai Nabirei padai semesteri gasali tahuni pelajarani 2022/2023i dii kelasi Vi dengani jumlahi siswai 30i orang.i Pengumpulani datai yangi diperlukani dalami penelitiani inii adalahi dengani menggunakani tes.i Hasili prei testi yangi diperolehi padai penelitiani inii adalahi adai 3i orangi yangi lulusi dani presentasii 10%i dengani kualifikasii cukup,i adai 27i orangi yangi tidaki lulusi dani persentasei 90%i dengani kualifikasii gagali dani rata-ratai skori prestasii siswai diperolehi adalahi 59,93%.i Hasili posti testi menunjukkani bahwai adai 27i siswai yangi lulusi dani 90%i presentasii dengani kualifikasii sangati baik,i dani adai 3i siswai yangi lulusi dani 10%i presentasii dengani kualifikasii baiki dengani rata-ratai nilaii capaiani siswai 97,67%.i Hasili tesi N-Gaini diperolehi 30i siswa yangi telahi menguasaii materii dani presentasii 100%i dengani kualifikasii tinggi.i Sehinggai hasili penelitiani dapati disimpulkani bahwai modeli pembelajarani discoveryi berbantuani mediai audiovisuali dapati meningkatkani penguasaani konsepi siswai kelasi Vi SDi Negerii Inpresi 02i Sanobai Nabire.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428
Ardelina, A. Y., Ain, N., & Dian Ayu, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 300–312. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903
Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 254–261. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10268
Intan, N., & R., S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 143. https://doi.org/10.24036/108275-019883
Jurnal Pendidikan EMPIRISME - Google Books. (n.d.). Retrieved March 27, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Jurnal_Pendidikan_EMPIRISME/qHqIDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Rusman.+(2012).+Model-model+Pembelajaran+(Edisi+kedua).+Jakarta:+Raja+Grafindo&pg=PA203&printsec=frontcover
Maghfiroh, S., Kusumaningsih, W., & Suciana, F. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Berbasis Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 3 Cranggang Kabupaten Kudus. Jurnal Paedagogy, 8(3), 438. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3908
Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. E-Jurnalmitrapendidikan, 1, 549–561.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284
Oktaviani, C., Nurmaliah, C., & dan Mahidin. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 12–19. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8402/6795
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 35–40.
Rawung, I. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar dI SD GKST II Poso Kota Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.30605/atjpm.v1i1.127
Sembadra, P., & Sriwijaya, U. (n.d.). Cerita Inspiratif Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Kota Sawahlunto. 19–24.
Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
Strategi Pembelajaran - Google Books. (n.d.). Retrieved March 27, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pembelajaran/kz-HEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Hamdani.+2011.+Strategi+Belajar+Mengajar.+Bandung:+Pustaka+Setia.&pg=PA194&printsec=frontcover
Strategi Pembelajaran SD - Google Books. (n.d.). Retrieved March 27, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pembelajaran_SD/K-QhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Sanjaya,+W.+(2015).+Strategi+Pembelajaran+Berorientasi+Standar+Proses+Pendidikan.+Jakarta:+Kencana.&pg=PA223&printsec=frontcover
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292
Telussa, R. P., Telussa, S. H. J., & Lima, C. N. de. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3815
Wakano, H., Tamaela, K., Namakule, U., Selehulano, K., & Sopratu, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Ruang Lingkup Biologi Di SMA Negeri 51 Maluku Tengah. Biodik, 6(4), 468–475. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10965
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Wulandari, Y., Refianne, F., & Ppg Upgris, P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 244–253. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Yulianto, A., & Fitriani, A. A. (2012). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau dari Keaktifan Siswa. 17(6), 516–522.
Published
2024-02-02
How to Cite
Telussa, R. (2024, February 2). MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN INPRES 02 SANOBA. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 80-87. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.480
Section
Articles
Abstract viewed = 167 times
PDF downloaded = 67 times