PERAN PENTING GURU KELAS V DALAM MENCIPTAKAN SISWA YANG BERKARAKTER SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

  • Sigit Wiyatmiko Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rissana Aprilia Rohmah SD Muhammadiyah 4 Batu
Keywords: Peran guru, siswa, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang peran penting guru dalam menciptakan siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Perubahan sikap salah satu hasil dari sebuah proses belajar. Perubahan sikap diharapkan dapat sesuai dengan nilai – nilai yang terkandung dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Dimensi sebagai sebuah pedoman perubahan sikap berupa Beriman,Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia,Berkebhinnekaan global,gotong royong mandiri,kreatif dan bernalar kritis. Perubahan sikap sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah perwujudan cita – cita bangsa Indonesia yang mengharapkan para generasi penerus bangsa memiliki karakter yang sesuai nilai – nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan siswa yang berkarater sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila melalui peran penting guru di SD Muhammadiyah 4 Batu. Metode penelitian deskiptif kualitaif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi,dan dokumentasi.Hasil penelitan menunjukan bahwa di SD Muhammadiyah 4 Batu sudah menerapkan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dalam sebuah  pembiasaan – pembiasaan yang ada seperti berdoa sebelum dan setelah belajar,Rabu berbagi,Hidup bersama dalam keberagaman,mandiri dan tanggung jawab mengerjakan tugas,kreatif membuat kerajinan pada kegiatan Proyek kelas dan bekerja sama dan berkolaborasi dalam mengerjakan tugas kelompok. Dalam pelaksanaannya semua peserta didik dapat menjalankannya dengan disiplin dan tertib.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. 5(1), 28–45.
Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3729–3735.
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Mahendrani, O. C. R. (2010). berasal dari kata. 1–36.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Studi, P., Agama, P., Universitas, I., & Pasuruan, Y. (2017). Kata Kunci: 3, 69–80.
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Yoon, C. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Published
2024-02-02
How to Cite
Wiyatmiko, S., Restian, A., & Rohmah, R. (2024, February 2). PERAN PENTING GURU KELAS V DALAM MENCIPTAKAN SISWA YANG BERKARAKTER SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 96-103. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.484
Section
Articles
Abstract viewed = 610 times
PDF downloaded = 170 times