MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUS SHIBYAN JADUNG DUNGKEK SUMENEP
DOI:
https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.50Keywords:
Model Pembelajaran, Karakter, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari- hari dengan sepenuh hati. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan model pembelajaran pendidikan karakter di MTs Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep; (2) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep; (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, obeservasi, dokumentasi serta dianaliasis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, pengorganisasian data, display data dan kesimpulan.
Downloads
References
Agus Wibowo, (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, (Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Ainullah, Nurla Isna. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: DIVA Press.
Depdikbud. (2003). UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.
Direktorat Pendidikan Madrasah, Wawasan Pendidikan Karakter dalam Islam, Jakarta: Kemenag, 2010.
Halstead & Taylor. (1996). Value in education and education in value. London: 64 Routledge Falmer.
Kemdiknas. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta
.
Lickona, Thomas. (1991), Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York
Oktarina, N., & et all. (2015). Character Education Evaluation Model Based on School Culture for Elementary School. Journal of Research and Method Education, 05(05), 11.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Redaksi Tessaurus Bahasa Indonesia, (2008) Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Wafiqni, N., & Latip, A. E. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD: Teori dan Grand Design Pendidikan Berbasis Perkembangan. Jakarta: UIN Press. Wahyu
Wijanarko, W. (2011). Pengaruh Metode Outbond terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Alam Indonesia. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wiyani ovan Ardy. (2012), Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: Teras
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.