WAYANG SUKURAGA : MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

  • Gina Nur Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah siswa kurang menunjukkan minat yang tinggi terhadap budaya, siswa juga kurang memiliki kesadaran terhadap budaya sendiri maupun budaya orang lain, dan banyak siswa yang tidak mampu bekerja sama dengan siswa dari berbagai latar belakang budaya untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, nilai profil pelajar Pancasila yang perlu ditingkatkan dalam penelitian ini adalah keberagaman global. Penelitian tindakan kelas atau PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru sendiri atau bekerjasama dengan orang lain dengan memberikan tindakan tertentu di kelasnya dalam upaya menambah atau memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian PTK model Kemmis dan Targgart yang memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan perencanaan ulang. Respon siswa dan guru terhadap penggunaan media interaktif wayang sukuraga yang digunakan pada saat pembelajaran memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat nilai profil pancasila siswa dimensi keberagaman melalui pembelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran interaktif wayang sukuraga dinyatakan berhasil karena telah melewati ketercapaian 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah Nurkhasanah, E., Nurasiah, I., & Rizkia Amalia, A. (n.d.). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Melalui Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.
Fahmi, P. :, Chamidah, D., Suryadin, |, Muhammadong, H. |, Saraswati, S., Muhsam, J., Laily, |, Listiyani, R., Heny, |, Rahmawati, K., Wanda, |, Yanuarto, N., Masfa, |, Tarjo, M. |, Adirasa, H., Prasetyo, M., & Pd, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. https://penerbitadab.id
Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal Dalam Kurikulum Merdeka (Vol. 1).
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654
Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483
Octana I. (2020).
Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Artikel, I. (2017). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Pendidikan Dasar dan Memengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (n.d.). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Rizqia, A., 1, A., & Sutisnawati, A. (2023). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge). 7(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6145
Subekti. (2016). Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Wayang Perca Untuk Meningkatkan Pengetahuan Moral Anak Kelompok B3 Di Tk Pkk Sendangagung Minggir Sleman Storytelling Method With Puppet Rag Media To Improve Moral Knowledge.
Published
2024-09-04
How to Cite
Amalia, G., Nurasiah, I., & Amalia, A. (2024, September 4). WAYANG SUKURAGA : MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(2), 184-192. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i2.510
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 5 times