PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

  • Ria Fajrin Rizqy Ana Universitas Bhinneka PGRI
Keywords: keterampilan mengajar, media visual, persepsi guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan mengajar guru dengan menggunakan media visual gambar, (2) kendala yang dialami guru dalam menerapkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan media visual gambar, dan (3) persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dengan menggunakan media visual gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan lembar angket. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan .

Hasil penelitian menunjukkan guru sudah melaksanakan delapan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan media visual gambar. Kendala yang dialami guru yaitu guru kekurangan waktu dalam proses persiapan media. Persepsi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran, siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan siswa terlihat rajin belajar karena pembelajaran menjadi menyenangkan. Hendaknya guru selalu menerapkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan media visual gambar dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2009. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizqi Press
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
B Sumantri. 2017. Pengaruh kemampuan, motivasi dan semangat kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Balongpanggang, jurnal pendidikan. B Sumantri – e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2017 – e-jurnalmitrapendidikan.com
Dimas Qondias, Erna Laurensia Anu, Irama Niftalia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kabupaten Ngada Flores. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/inde x.php/JPI/article/view/8590/5844 Diputra Sujendra Komang. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/inde x.php/JPI/article/view/8475/5839
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (4), 104–117.
Febrianto Agung. 2013. Pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI materi pembelajaran pembangunan ekonomi sma negeri 2 slawi.Jurnal Penelitian Pendidikan. A Febrianto - Economic Education Analysis Journal, 2013 - journal.unnes.ac.id
Ismawati, E., Santosa, G. B., & Ghofir, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Pendidikan karakter di SMA/SMK. Metasastra, 9(3), 185–200. https://doi.org/DOI: 10.26610/metasastra.2016.v9i2.185-200
Laura, A. King. 2012. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika
Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110. Retrieved from http://www.tojet.net/articles/v13i2/13211.pdf
Moleong, Lexy. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya
Pilemon Poly Maroa, Charles Kapile, Abdul Hamid. 2014. Penerapan Pembelajaran PKN Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 012 Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. PP Maroa, C Kapile, A Hamid - Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2014 - jurnal.untad.ac.id
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaludin. 2007. Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Rahayu, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/kls.v27i2.4481
Rohyatin, Dwi Yulianti, Suyono. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Visual Gambar Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Bumi Agung Kalianda. Jurnal Teknologi Informasi. R Rohyatin, D Yulianti… - Jurnal Teknologi Informasi …, 2017 - jurnal.fkip.unila.ac.id
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Published
2020-10-12
How to Cite
Rizqy Ana, R. (2020, October 12). PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 50-65. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.65
Section
Articles