ANALISIS POJOK LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT CERPEN KELAS IV

  • Anita Putri Hardianti STKIP PGRI Trenggalek
  • Efi Ika Febriandari
  • Angga Setiawan
Keywords: Gerakan Literasi, Pojok Baca, Cerpen.

Abstract

Pojok literasi merupakan salah satu kegiatan Gerakan Literasi Sekolah yang melakukan kegitan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum jam pelajaran pertama. Pemerintah Indonesia mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pojok literasi sekolah terhadap pembuatan cerpen siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif mengunakan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi mengenai keadaan kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Wawancara dengan wali kelas IV dan 23 siswa kelas IV. Dokumentasi tentang pembuatan cerpen dan pojok literasi. Hasil penelitian menunjukan dengan adanya pojok literasi siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, karena hampir setiap hari mereka dilatih untuk membaca buku cerita. Membuat cerpen dari buku bacaan yang ada di pojok literasi yang membuat siswa lebih kreatif mengarang cerita, sehingga hasil dari mereka rajin membaca di pojok literasi adalah siswa dapa membuat cerpen dengan baik dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Panduan Gerakan Lierasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2015) . Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud.
Kharizmi Muhammad. 2019. Kesulitan Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslimin. Volume VII Nomor 2. (Agustus 2019) hlm 96-97 diakses 9 Juli 2020
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pendidikan+almuslimin&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DTtmtucJYCNIJ
Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aswat dan Nurmaya. 2020. Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan.Volume 4 Nomor 2.
http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf diakses pada tanggal 12 Februari 2020.
Batubara dan Ariani. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Kependidikan.(Online).Volume 4 Nomor 1.
http://150.107.142.250/index.php/jpsd/article/view/2965 diakses pada tanggal 12 Februari 2020.
Arikunto.2015.Prosedur Penelitian.Jakarta .Penerbit PT RINEKA CIPTA
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Published
2020-10-12
How to Cite
Hardianti, A., Febriandari, E., & Setiawan, A. (2020, October 12). ANALISIS POJOK LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT CERPEN KELAS IV. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 74-80. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.69
Section
Articles