PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

  • Ika Restikawati STKIP PGRI Trenggalek
  • Agus Budi Santosa
  • Nanda William
Keywords: Number Head Together, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB yang  berjumlah 44 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas IV-B yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Tes digunakan berupa pretest dan posttest yang berjumlah 30 item.

Berdasarkan analisis data diperoleh dari nilai rata-rata hasil pretest sebesar 63,739 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 79,086. Artinya terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) sebesar 15,347. Untuk pengujian hipotesis diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fujiawati, F. S. 2016. Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Volume 1 Nomor 1 (April 2016): hlm 16-28, diakses 22 September 2019.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/849
Sani, R. A. 2016. Penilain Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santosa, A .B., Damayanti, A. & Dewi, S. U. 2016. Persepsi Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Dewantara. Volume 2 Nomor 2 (September 2016): hlm 148-164, diakses 17 Juli 2020.
Journal.stkippgritrenggaek.ic.id/index.php/kid/article/view/84

Jayanti, G. A. M.E., Ardana, I. K. & Putra, M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Lt.Wisnu Depasar Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2 Nomor 1: hlm 1-11, diakses 02 Desember 2019. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2554/2179.%20%5B11

Yanti, K. D., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Nomor 1: hlm 1-10, diakses 20 Maret 2020.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7445/5076)
Suandewi, N. K. & Wibawa, I. M.C. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPASiswa Kelas IV SD No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 1: hlm 59-66, diakses 09 April 2020.
undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/10116/6456


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.

Palengka,I. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kooperatif Tipe Number Head Togethe , Think Pair Share, dan Student Team Achievement Division Pada Kelas VIII SMP Kristen Kandora. Jurnal KIP. Volume 7 Nomor 3 (Februari 2019): hlm 69-73, diakses 06 Juni 2020.
http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/issue/view/77

Sulfiani, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Bentuk Molekul). Jurnal Chemica. Volume 17 Nomor 1 (Juni 2016): hlm 1-13, diakses 12 Maret 2020.
http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/download/4564/2613

Sasmita, A. P. Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 101882 Pasar VIII Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi tidak diterbitkan. Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Susanti, I. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palembang. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Published
2020-10-12
How to Cite
Restikawati, I., Santosa, A., & William, N. (2020, October 12). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.71
Section
Articles