PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KONKRIT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA

  • Rizka Janawati Mita Arsih STKIP PGRI Trenggalek
  • Agus Budi Santosa
  • Nanda William
Keywords: Metode Demonstrasi, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep gerak benda pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 3 Gandusari semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Peneltian ini yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 10 siswa. Sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Tes yang digunakan untuk memperoleh data merupakan pretest dan posttest. Bentuk instrumen yang digunakan yaitu pilihan ganda dengan jumlah soal 20 item. Berdasarkan analisis yang telah diperoleh dari uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk pretest signifikan sebesar 0,215>0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut berdistribusi normal. Sedangkan untuk nilai posttest signifikan 0,311>0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut berdistribusi normal. Sedangkan untuk hasil uji homogenitas diketahui nilai signifikansi Based on Mean 0,206 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data pretest dan posttest adalah homogen (sama). Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample test diperoleh nilai sig. (2-tailed) pretest dan posttest 0,000. Sesuai dengan uji pair sample t-test  bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada data  pretest dan posttest. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep gerak benda pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 3 Gandusari semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Firdausi, R., & Santosa, A. B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smartphone Android Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Studi Pada Siswa Kelas XI TAV SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan teknikelektro/article/view/13758

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Kurniawan. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Kearsipan Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1595/

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292

Risanti, N. M. N. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkrit Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1001
Rodiyah, S. (2015). Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII A SMP Negeri 26 Semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
https://lib.unnes.ac.id/22045/

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenadamedia Group.

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18.
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Shoimah%2C+R.+N.+%282020%29.+Penggunaan+Media+Pembelajaran+Konkrit+Untuk+Meningkatkan+Aktifitas+Belajar+Dan+Pemahaman+Konsep+Pecahan+Mata+Pelajaran+Matematika+Siswa+Kelas+III+MI+Ma%E2%80%99arif+Nu+Sukodadi-Lamongan.+Mida%3A+Jurnal+Pendidikan+Dasar+Islam%2C+3%281%29%2C+1-18.&btnG=


Wibawa, C. (2007). Perbedaan efektifitas metode demonstrasi dengan pemutaran video Tentang pemberantasan dbd terhadap peningkatan pengetahuan dan Sikap anak sd di kecamatan wedarijaksa kabupaten pati. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 2(2), 115-129.
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/view/2553
Published
2020-10-12
How to Cite
Arsih, R., Santosa, A., & William, N. (2020, October 12). PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KONKRIT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 91-100. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.72
Section
Articles