PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

  • Kunthi Zulfa STKIP PGRI Trenggalek
  • Agus Budi Santosa
  • Nanda William
Keywords: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar.

Abstract

Pendidikan bagi setiap manusia menjadi sebuah ke­butuhan yang sangat penting serta akan menjadi penentu berkembang atau tidaknya sua­tu bangsa ataupun negara. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dari beberapa faktor yang menunjang. Salah satu tolak ukur peningkatan kualitas pendidikan yaitu kualitas pembelajaran. Banyak sekali masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran misalnya peran seorang guru yang sangat dominan (Teacher Center), dan siswa hanya dijadikan sebagai objek dalam proses pembelajaran sehingga kurang tercapainya tujuan dalam suatu pembelajaran. Guru dalam proses pembelajaran harus mengaitkan materi yang disampaikan dengan kehidupan sehari-hari siswa (Contextual Teaching And Learning) supaya siswa lebih aktif dan dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat eksperimen dengan menggunakan One-group pretest-posttest design. Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat dilakukan dengan cara menghitung dan menggunakan uji t (paired sample t test). Hasilnya menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Ngepeh Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santosa, A., Damayanti, A., Dewi, S. U. 2016. Persepsi Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Dewantara. Vol. 2 No. 2. (September 2016): 148-164, diakses 17 Juli 2020.
Journal.stkippgritrenggalek.ic.id/index.php/kid/article/84.

Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Panjaitan, D. J. 2018. Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara. Vol 1 (1).

Kasmawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MAN 1 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar.
Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Volume 2, Nomor 1.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Maulawi, Fathi. 2014. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Sistem Pernafasan Manusia. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan KeguruanUniversitas Islam NegeriSumatera Utara.

Gisty, N. A. 2018. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Dikelas VII Mts Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan KeguruanUniversitas Islam NegeriSumatera Utara.
Published
2020-10-12
How to Cite
Zulfa, K., Santosa, A., & William, N. (2020, October 12). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 101-111. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.74
Section
Articles
Abstract viewed = 635 times
PDF downloaded = 353 times